Home Otomotif Tips Cara Mudah Merawat Kampas Kopling Mobil Agar Awet!

Tips Cara Mudah Merawat Kampas Kopling Mobil Agar Awet!

67
Kampas Kopling Mobil

Merawat kampas kopling mobil seringkali dianggap sepele bagi pemilik kendaraan, tapi hal itu sebenarnya sangat penting sekali dilakukan. Tidak terawatnya kampas kopling mobil akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang boros.

Kampas kopling mobil yang habis bukan hanya dari pemakaian normal kita sehari-hari, tetapi juga dipengaruhi oleh cara kita mengendarai kendaraan. Perlu diketahui, perilaku kita mengemudilah yang menjadi penyebab kampas kopling kita cepat habis dari biasanya.

Bukan hanya boros dari segi biaya, kalau kita terlalu cepat habis dan terlambat menggantinya maka akan berpengaruh pada kerusakan system kopling kita.

Perawatan Kampas Kopling Mobil

Kampas Kopling Mobil yang cepat habis banyak disebabkan oleh cara mengemudi kita yang kurang tepat. Hal ini sering dijumpai pada pengendara mobil system manual. Ketika mengoper gigi, tentu kita menginjak pedal kopling. Saat transmisi belum betul-betul sudah pindah, seringkali kita sudah mengangkat pedal kopling. Atau saat kita berada di jalan tanjakan, kita menggunakan setengah kopling. Pemakaian seperti itu akan mempercepat usia pemakaian kampas kopling mobil anda sebelum mencapai usia pemakaian normalnya.

Tentunya kita tidak ingin kampas kopling rusak sebelum waktunya, simak penjelasan berikut agar kopling Anda lebih Awet :

  1. Jangan Menerjang Banjir

Komponen utama kopling bisa rusak ketika kita menerjang banjir yang pada akhirnya bisa merusak kampas kopling. Bila terpaksa menerjang banjir, jalankan terus kendaraan, jangan sampai berhenti di tengah-tengah banjir. Karena Air atau lumpur yang menggenangi kopling akan membuat komponen dan sekrup menjadi lembab, sehingga ada Tarik menarik antara komponen dan sekrup yang mengakibatkan kopling menjadi lengket dan transmisi sulit untuk berpindah.

Lebih aman kalau anda melihat banjir di depan anda mending cari tempat yang tidak terendam banjir, kalaupun terpaksa sehabis menerjang banjir silahkan dibawa ke bengkel langganan anda.

  1. Selalu netralakan posisi transmisi saat di lampu merah atau tanjakan.

Menahan kopling di gigi satu saat lampu merah atau tanjakan, bukanlah cara terbaik yang bisa dilakukan. Karena itu bisa membuat beban kopling menjadi lebih berat. Selain membuat kaki capek, cara seperti ini bisa membuat kopling menjadi tipis. Apa salahnya kalau kita netralkan posisi transmisi agar kaki kita istirihat terlebih dahulu?Ketika lampu hijau baru kita injak kopling dan gas..

  1. Jangan menggantungkan kaki di pedal kopling saat mengemudi

Akibat yang ditimbulkan sama seperti point kedua diatas, jadi jangan sering menggantungkan kaki di pedal kopling saat mengemudi demi memperpanjang pemakaian kampas kopling mobil anda.

  1. Sesuaikan kecepatan dengan ketepatan gigi transmisi

Ketika kita berjalan dengan lambat, maka gunakan transmisi dengan gigi rendah. Sebaliknya kalau kita berjalan dengan kecepatan tinggi, maka gunakan gigi transmisi yang tinggi pula. Hal ini dapat mengurangi keausan kampas kopling mobil Anda.

  1. Lepaskan pedal kopling dengan perlahan

Lepaskan kopling setelah mengoper transmisi secara perlahan-lahan. Jangan sampai dihentakkan atau dilepaskan secara mendadak. Ketika kita merasakan adanya hentakan, sebenarnya itu hentakan yang terjadi di kopling.

  1. Jangan mudah tergoda membeli kampas kopling bekas

Harga kampas bekas yang sudah dipantek berkisar antara Rp 125 ribuan hingga Rp 150 ribu. Beberapa orang berpikir beli kampas seperti itu jika lagi kantong kering. Tapi gak ada yang bisa jamin soal daya tahannya berapa lama.

Baca Juga : Syarat Masuk Bali Terbaru Mulai 1 April 2021, Persiapkan Sebelum Berangkat

Itulah sebabnya, dianjurkan agar tidak membeli yang bekas atau rekondisi meski harganya miring.

Kalau gak mau yang asli, ya pilih aja barang aftermarketAftermarket bukan berarti jelek lho ya, kadang malah bisa lebih canggih daripada OEM. Asalkan produk aftermarket itu berasal dari merek ternama dan udah teruji kualitasnya.

Masih ingin berkendara dengan kasar lagi? Ingat ya biaya ganti kampas kopling gak murah. Daripada menyesal di kemudian hari, mending ingat dengan tips ini ya. Selamat mencoba, dan semoga kampas kopling mobil anda lebih awet.