Home Gaya Hidup Syarat Naik Pesawat Terbaru di Masa Pandemi Covid-19

Syarat Naik Pesawat Terbaru di Masa Pandemi Covid-19

19
0
Syarat Naik Pesawat

Syarat Naik Pesawat Terbaru di Masa Pandemi Covid-19, Bepergian naik pesawat di masa pandemic Covid 19 tidaklah sama dengan di saat sebelum adanya pandemi. Kini ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh penumpang sebelum keberangkatan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Persyaratan naik pesawat di masa New Normal tidaklah serumit yang kita bayangkan. Asalkan

kita mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Nah, sebetulnya apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk bepergian naik pesawat di masa pandemi seperti saat ini ?

Simak ulasan yang akan kami jelaskan dari berbagai sumber, antara lain dari  Satgas Covid 19, Angkasa Pura, Departemen Perhubungan, pemerintah daerah setempat, serta pernyataan resmi pemerintah, terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Mikro (kelanjutan dari pembatasan sosial berskala besar- PSBB) mulai 9 Februari 2021.

Syarat Naik Pesawat Domestik

Seiring dengan penerapan kebiasaan baru / New Normal, rute penerbangan jalur domestik perlahan-lahan mulai dibuka dan mulai beroperasi seperti sediakala. Sebelumnya cek dahulu maskapai penerbangan yang ingin anda naiki melalui situs resminya langsung di halaman masing-masing maskapai, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Air Asia, dan sebagainya. Berikut persyaratan yang perlu kita persiapkan untuk naik pesawat di era pandemic Covid 19 :

  1. Setelah memastikan apakah rute penerbangan domestik Anda tersedia, kini waktunya melengkapi semua syarat penerbangan yang dibutuhkan.
  2. Periksa regulasi khusus yang berlaku di destinasi asal maupun tujuan Anda. Selengkapnya terkait regulasi bepergian selama masa PPKM Mikro bisa cek Safe Travel Page Traveloka di sini.
  3. Bawalah identitas pengenal diri (KTP serta SIM atau lainnya) sebagai syarat umum naik pesawat tujuan domestik.
  1. Siapkan surat keterangan bebas COVID-19 yang jenis tesnya sesuai dengan tujuan Anda. Mengacu SE Satgas COVID-19 Nomor 12 Tahun 2021, tes COVID-19 yang wajib ditunjukkan saat naik pesawat mulai 1 April 2021: Untuk Bali, tes swab PCR 2×24 jam atau rapid test antigen 2×24 jam sebelum keberangkatan, atau bisa juga hasil tes GeNose C19. Sementara itu, untuk Jawa dan daerah selain Bali, tes swab PCR 3×24 jam atau rapid test antigen 2×24 jam sebelum keberangkatan, atau bisa juga dengan hasil tes GeNose C19.
  2. Syarat surat keterangan bebas COVID-19 tersebut menjadi syarat wajib agar Anda bisa naik pesawat tujuan domestik. Adapun syarat tes COVID-19 dikecualikan bagi anak-anak usia di bawah 5 tahun.
  3. Anda dapat melakukan tes COVID-19 di rumah sakit, klinik, maupun penyedia layanan COVID-19 lainnya di domisili Anda. Agar lebih mudah, Anda bisa memesan tes rapid antigen, tes swab PCR, maupun tes COVID-19 lainnya melalui Traveloka.
  4. Mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik (e-HAC). Penumpang penerbangan diwajibkan mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik (e-HAC) sebagai syarat naik pesawat di masa pandemi. Kartu ini bisa diisi melalui situs web maupun dengan mengunduh aplikasi di Android maupun Apple. Setelah mengisi hingga selesai, Anda akan mendapatkan kode QR yang perlu ditunjukkan kepada petugas di bandara. Anda bisa cek panduan lengkap isi eHAC di sini.
  5. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler. Aplikasi dapat diunduh pada sistem Android maupun Apple.
  6. Patuhi protokol kesehatan di bandara, dalam pesawat, serta destinasi. Anda diwajibkan selalu mematuhi protokol kesehatan selama bepergian dengan pesawat maupun saat berada di luar rumah. Pakailah masker kain 3 lapis maupun masker medis dengan kualitas ketebalan yang baik (disarankan tidak memakai masker jenis scuba dan buff), jagalah jarak fisik dengan orang lain minimal 1 meter, serta rutin mencuci tangan.

Itulah sejumlah Syarat Naik Pesawat yang perlu kita penuhi untuk penerbangan domestic di masa pandemi Covid 19. Dengan adanya persyaratan itu, kita hendaknya datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk memenuhi persyaratan dan verifikasi dokumen yang dibutuhkan agar kita bisa berangkat.

Baca Juga : Ternyata Efek Samping vaksin AstraZeneca Tak Lebih Berat dari Vaksin Lain

Bila kita tidak memenuhi salah satu persyaratan yang ditentukan, pihak maskapai maupun bandara bisa membatalkan keberangkatan kita.

Sebagai tambahan, informasi di atas bisa berubah sewaktu-waktu sehingga kita diharapkan bisa memantau perkembangan informasi terbaru dari pihak maskapai, pengelola bandara, maupun otoritas terkait sebelum bepergian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here