Home Bisnis Pentingnya Belajar Digital Marketing untuk Pemula

Pentingnya Belajar Digital Marketing untuk Pemula

34
0
digital marketing untuk pemula

Tahukah Anda bahwa belajar digital marketing untuk pemula sangat diperlukan, terlebih lagi di saat Pandemi seperti saat ini. Meskipun terdengar begitu sulit,tapi kita harus terus belajar karena erat hubungannya dengan produk fisik/jasa yang dijual secara online.
Mengingat penjualan produk secara online saat ini persaingannya semakin tinggi, tanpa mempelajari digital marketing akan sulit dalam menjual produk. Dengan promosi produk yang efektif dan tepat, produk anda akan dikenal luas oleh pelanggan sehingga dapat meningkatkan penjualan produk dan laju perputaran aset anda.
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk belajar digital marketing untuk pemula, berikut ini :
1. Landasi dengan niatan yang kuat dan fokus
Untuk mempelajari sesuatu yang baru kadang kita ada semangat dan kadang kurang semangat. Kuatkan niat untuk belajar digital marketing, dan fokus untuk mempelajarinya. Dengan niat yang kuat dan tak tergoyahkan, akan mudah dalam menerima pelajaran digital marketing.
2. Lakukan Riset Produk
Melakukan riset produk sangat penting dalam digital marketing. Lakukan riset mengenai apa saja yang dibutuhkan konsumen saat ini, selera konsumen bagaimana, apa yang disukai dan tidak disukai. Tanpa melakukan riset produk terlebih dahulu, produk kita tidak akan laku dipasaran.

digital marketing untuk pemula

3. Pahami Kompetitor
Memahami kompetitor sangat perlu di dalam digital marketing. Mungkin anda bertanya-tanya, pentingkah untuk memahami kompetitor?. Dengan kita memahami kompetitor, maka kita akan tahu langkah apa yang dilakukan pesaing dalam memasarkan produknya secara digital. Cara ini juga efektif untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang dijual oleh kompetitor, sehingga kita dapat memproduksi produk yang mempunyai nilai lebih dari kompetitor.
4. Pakai Sistem Leader Pricing
Banyak pebisnis online gulung tikar, bukan karena produknya kurang bagus, modal yang minim. Akan tetapi tidak menerapkan sistem leader pricing dalam memasarkan produknya. Sistem ini mengharuskan kita untuk menjual produk dengan harga lebih rendah dari harga pasar.
Misalnya, kita menjual Sabun secara online, dipasaran dijual dengan harga 15 ribu, maka anda harus menjual lebih rendah dengan harga 13 ribu. Meskipun selisih 2 ribu dapat meningkatkan minat calon pembeli. Lebih baik untung sedikit tapi terus menerus daripada untung besar tapi tidak terus menerus.
5. Membangun Relasi
Relasi sangat dibutuhkan dalam digital marketing. Anda dapat menawarkan produk/jasa anda kepada kerabat, saudara,teman anda. Siapa tahu dari relasi anda dapat mempromosikan produk yang Anda jual.

Demikian artikel mengenai digital marketing untuk pemula, semoga kita bisa mempraktekkan apa yang barusan saya bagikan terutama bagi pemula di digital marketing. Semoga Artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here