Home Pendidikan Cara Penulis Profesional Menulis Artikel

Cara Penulis Profesional Menulis Artikel

55
Cara Penulis Profesional Menulis Artikel

Cara Penulis Profesional Menulis Artikel, Untuk dapat menghasilkan artikel berkualitas secara terus-menerus, Anda perlu mengatur pekerjaan Anda. Membagi setiap tahap ke tahapan yang lebih kecil dan digabungkan secara perlahan-lahan.

Tidak mengerti?

Oke, saya akan mencontohkan bagaimana saya bekerja. Teknik yang saya gunakan adalah metode jam pasir. Jadi, saya membagi proses cara membuat artikel berkualitas menjadi 3 tahap dengan perbandingan 40:20:40.

1. Tahap persiapan (40%)
Pada tahap persiapan, saya akan melakukan penelitian secara mendalam terhadap topik atau fokus pada kata kunci. Misalnya saya ingin menulis artikel tentang topik atau fokus pada kata kunci “Cara membuat artikel”.

Pada tahap ini, saya akan menjelajahi kontent pencarian kata kunci. Pertanyaan-pertanyaan ini sering membantu saya memahami kontent pencarian.

  • Apa tujuan dari artikel ini?
  • Siapa target pengunjung yang saya lihat?
  • Pesan apa yang ingin saya sampaikan melalui artikel ini?

Selanjutnya, saya akan memetakan konten yang cocok dengan ekspektasi kebutuhan pengunjung. Kemudian, saya akan mengumpulkan berbagai referensi pendukung mungkin. Akhirnya, saya membuat kerangka kerja artikel (garis besar).

Berapa lama tahap persiapan ini berlangsung? Saya biasanya menghabiskan 40% dari waktu pembuatan artikel di tahap persiapan. Karena menurut saya, tahap persiapan ini adalah tahap penting dalam membuat artikel yang menarik.

2. Tahap Penulisan Artikel (20%)
Setelah Anda benar-benar memahami niat pencarian topik yang Anda tuju, tinjau kerangka kerja artikel (garis besar). Ajukan pertanyaan di bawah berulang kali:

  • Apa yang ingin saya katakan?
  • Siapa penonton yang ingin saya jangkau?

Tanyakan berulang kali untuk mempertajam intuisi penulis Anda. Jika kerangka kerja artikel perlu Anda ubah, segera perbaiki. Jika tidak, saatnya untuk mulai menulis.
Berapa lama tahap penulisan artikel berlangsung? Biasanya, saya menulis artikel dalam waktu yang relatif singkat. Sekitar 20% dari waktu membuat artikel.

Saya dapat menulis dengan cepat karena saya sudah memiliki gambaran tentang apa yang ingin saya sampaikan. Jadi, ya itu saja! Saya mengalir untuk menulis sampai selesai.

3. Tahap pengeditan (40%)
Nah, setelah tahap penulisan selesai. Saya biasanya berbicara dengan artikel terlebih dahulu. Biarkan pikiran rileks dan beristirahat. Karena pada tahap pengeditan Anda akan memoles artikel dengan serius.

Apa yang saya lakukan pada tahap pengeditan?

  1. Menulis kembali
  2. Menulis kembali
  3. Menulis kembali
  4. Menulis kembali
  5. Menulis kembali
    Lah, bagaimana ditulis ulang semuanya? Ya memang benar, Anda tidak salah membaca.

Untuk menghasilkan artikel berkualitas, Anda perlu menulis ulang dan mengedit terus menerus sampai artikel menjadi sangat baik. Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan proses, cukup sewa layanan penulis profesional.

Baca Juga : Cara membuat artikel yang Berkualitas bagi Pemula

Langkah terakhir, lakukan finishing. Setelah ini, beberapa finishing yang sering saya lakukan saat membuat artikel berkualitas.

  • Pastikan artikel tersebut telah mengikuti aturan PEUBI (Pedoman Umum Ejaan Indonesia).
  • Pastikan untuk menggunakan pilihan diksi yang benar.
  • Pastikan tidak ada kata yang salah.
  • Hapus kata / kalimat yang ambigu dan tidak efisien.
  • Optimalkan SEO pada halaman.

Demikian Cara Penulis Profesional Menulis Artikel Yang Berkualitas, semoga bermanfaat.