Home Kesehatan Cara Menghilangkan Ngantuk di Tempat Kerja

Cara Menghilangkan Ngantuk di Tempat Kerja

33
Cara Menghilangkan Ngantuk

Cara Menghilangkan Ngantuk di Tempat Kerja, Ada banyak cara untuk menyingkirkan kantuk dan lelah di tempat kerja. Penting untuk mengetahui untuk mempertahankan sikap profesional dan mengoptimalkan produktivitas Anda dalam bekerja.
Cara menghilangkan ngantuk di mana Anda kerja banyak disebabkan oleh pola kegiatan yang Anda tinggali sebelum berangkat kerja dan selama bekerja. Sebab, beberapa kebiasaan terbukti efektif dalam mengurangi kebiasaan kantuk dan kelelahan.

Cara Menghilangkan Ngantuk
Tidur sudah cukup di malam hari, memulai hari dengan sarapan, dan menghabiskan cukup air dapat membantu mengurangi penampilan kantuk dan lelah saat bekerja.

Jika Anda telah menerapkan ini tetapi keluhan mengantuk dan lelah masih muncul, ada beberapa cara Anda dapat membuatnya untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa dari mereka:

1. Tetap aktif di tempat kerja
Duduk terlalu lama bisa memicu penampilan kantuk dan lelah. Oleh karena itu, di sela-sela waktu kerja, Anda disarankan untuk berjalan sejenak, apakah akan pergi ke toilet, mengambil telepon, atau mengunjungi meja kolega untuk membahas pekerjaan yang sedang dikerjakan bersama.

Melakukan kegiatan seperti ini selama lima menit dapat membuat Anda tetap terjaga hingga satu jam kemudian. Jadi, luangkan waktu sejenak untuk bangun dari meja kerja, ya.

Baca Juga : Posisi duduk yang benar dapat mengurangi sakit punggung

2. Jangan menatap layar komputer terus menerus
Mata lelah dan pikiran sengit karena terus-menerus menatap layar komputer dapat membuat Anda lelah dan mengantuk. Jadi, putar mata dan perhatian Anda dari layar komputer sesekali dengan hal-hal lain secara teratur untuk mengistirahatkan mata dan menyegarkan pikiran.

3. Atur pernapasan
Rasa kantuk bisa hilang jika tingkat oksigen di otak sudah cukup. Untuk itu, ketika Anda merasa mengantuk, cobalah untuk mengatur pernapasan Anda kembali. Caranya adalah mengambil napas dalam-dalam menggunakan perut, lalu tahan sejenak dan menghembuskan napas melalui mulut. Lakukan ini hingga 10 kali.

4. Minum air putih yang banyak
Dehidrasi dapat menjadi penyebab rasa kantuk dan kelelahan. Karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi air yang cukup, yang setidaknya 1 gelas besar setiap jam.

5. Minumlah minuman berkafein
Salah satu cara untuk menghilangkan ngantuk dan lelah di tempat kerja yang populer yaitu dengan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Kafein memang bisa mengusir rasa kantuk, tetapi Anda disarankan untuk mengkonsumsi hanya secangkir kopi.

Minum kopi dapat memicu dehidrasi, yang kemudian dapat menambah kelelahan. Jadi jika Anda ingin minum kopi, pastikan kebutuhan air Anda masih cukup. Selain itu, hindari minum kopi di sore hari sehingga Anda tidak kesulitan tidur di malam hari.

6. Makan camilan yang sehat
Kadar gula darah rendah dapat menyebabkan tubuh merasa lemah. Dalam kondisi ini, makanan ringan dapat bermanfaat untuk meningkatkan energi dan mengusir kantuk dan kelelahan.

Pilihan camilan yang sehat yang dapat membuat tubuh berenergi meliputi:

  • Biskuit dari gandum yang utuh
  • Makanan dari kacang kacangan
  • Potongan buah, seperti semangka, melon, jeruk, nanas

7. Dengarkan musik
Cara menyingkirkan kantuk dan lelah berikutnya adalah mendengarkan musik menggunakan earphone. Musik dengan ritme ketat, seperti musik aliran batu dan pop, dapat membuat Anda lebih berenergi dan melupakan kantuk dan lelah.

8. Butuh tidur sebentar
Jika kantuk tidak tertahankan, manfaatkan istirahat untuk tidur siang untuk sementara waktu selama 10-20 menit. Jika tidak mungkin atau Anda tidak bisa tidur, tutup mata Anda saat di meja kerja selama 10 menit tanpa gangguan sehingga Anda dapat kembali lebih segar.

Cara di atas dapat meredakan kantuk dan kelelahan. Namun, juga perlu diingat bahwa kebutuhan tidur harian yang cukup sangat penting. Jadi, pastikan tidur malam Anda terpenuhi dan hindari kebiasaan begadang sehingga tubuh tetap muat pada hari berikutnya.

Munculnya kantuk terus menerus juga bisa menjadi tanda penyakit tertentu. Jika waktu tidur malam Anda telah dipenuhi dan cara-cara di atas tidak menghilangkan kantuk dan lelah yang Anda rasakan di tempat kerja, cobalah untuk memeriksa dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebab keluhan Anda.