Home Otomotif Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun saat turun hujan

Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun saat turun hujan

31
Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun saat turun hujan, Saat mengemudi ketika hujan, pemilik mobil sering terhalang pandangannya mengemudi karena kaca mobil yang mengembun. Namun, jangan panik terlebih dahulu, kami memberi Anda cara mengatasi mobil yang berembun.

Embun di lapisan kaca saat hujan merupakan hal yang mengganggu. Apalagi saat mengemudi di tengah hujan, Anda sering merasakan hal-hal seperti ini dan membuat penglihatan berkurang.

Jadi mengapa kaca mobil bisa pudar saat hujan? Biasanya, ini disebabkan oleh perbedaan suhu udara di luar dan di dalam mobil. Umumnya suhu di luar terlalu dingin, sedangkan kabin mobil panas.

Di sisi lain, tidak ada udara dingin dari luar tidak bisa mengalir di dalam, karena kaca tertutup rapat. Tidak adanya sirkulasi udara yang baik di dalam mobil juga menyebabkan kacaa menjadi mengembun. Lalu bagaimana cara menangani kaca mobil berembun?

Baca Juga : Mengapa Indonesia memilih setir kanan, sementara negara lain menggunakan setir kiri?

Yang paling sederhana sudah cukup untuk menghidupkan AC untuk menyeimbangkan suhu. Jika aktif, sesuaikan suhu yang dibutuhkan. Jika di luar sangat dingin, itu berarti meningkatnya kesejukan di kabin dengan memaksimalkan suhu dingin AC. Selain itu, dengan menyalakan AC, maka ini bertujuan untuk menjaga suhu kabin kering kering, dan dalam suhu yang berkualitas.

Hanya saja, kadang-kadang AC tidak bisa menjadi solusi optimal untuk menghilangkan embun dari kaca mobil. Karena kondisi berembun juga diperburuk oleh adanya jamur di kaca. Ini membuat permukaan kaca lebih buram dan sulit dilihat.

Inilah Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

1. Oleskan Samphoo ke Kaca Mobil

Sebagai salah satu cairan anti-embun untuk kaca mobil adalah penggunaan sampo rambut. Metode ini sering digunakan saat keadaan darurat. Untuk penggunaannya, itu tidak terlalu mengganggu jika dilakukan sendiri. Pertama tuangkan sampo ke pangkuan microfiber.

Setelah itu, bersihkan ke seluruh kaca depan. Lakukan perlahan sampai cairan sampo menembus dan melindungi kaca dari embun. Shampo diklaim mampu menjaga kelembaban kaca, sehingga menghindari embun.

Ulangi oles sampai kaca menjadi lebih jelas setelah olesi sampo. Tetapi perlu diingat, dalam penggunaan sampo ini, itu akan menyebabkan harum yang mungkin membuat Anda tidak nyaman ketika di dalam mobil.

2. Gunakan Cairan Anti Kabut

Selain metode menggunakan sampo sebagai penghapus embun di kaca, Anda juga dapat melakukan cara lain yang ampuh untuk menangani kaca mobil berembun.

Dari beberapa metode, selain menggunakan sampo, ada cairan anti-embun untuk kaca mobil yang dapat Anda gunakan. Ini disebut semprotan antifog, di mana penggunaan cairan ini dapat mencegah keberadaan embun dalam kaca ketika kondisi hujan atau kondisi tertentu. Dalam aplikasi ini, sangat mudah untuk menggunakan sampo.

Cairan anti-kabut ini memang dijual gratis di pasaran. Tapi, seringkali ada cairan yang tidak baik karena biasanya setelah disemprot ke permukaan kaca, itu akan menyebabkan minyak. Ini akan menyebabkan pandangan mata tidak optimal. Bahkan, dalam menyapu kaca itu juga menjadi tidak optimal karena berminyak sehingga menjadi licin.

Penggunaan cairan anti-kabut ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Setelah menyemprotkan permukaan kaca mobil, gunakan kain halus atau microfiber untuk mencuci. Melakukan penggunaan berkali-kali sampai cairan ini benar-benar melapisi permukaan kaca hingga maksimum dan menyerap. Setelah menyeka dengan microfiber, pastikan tidak ada tanda dari cairan.

Selain itu, kaca mobil berembun saat hujan juga dapat terjadi jika Anda tidak menggunakan Antifog. Dengan penggunaan cairan, itu akan meminimalkan keberadaan embun yang terjadi pada kaca mobil.

3. Manfaatkan Fitur Defogger untuk Kaca Mobil Berembun

Intinya, fungsi defoger membuat kaca lebih hangat. Jadi kondisi udara di luar dan di dalam mobil menjadi seimbang. Dengan demikian, embun pada kaca depan akan hilang.

Defogger sendiri umumnya pada kaca depan dan belakang mobil. Terutama di kaca depan, bekerja melalui kipas AC mobil, di mana angin yang dirilis disalurkan melalui lubang di dashboard. Sementara di belakang, defogger biasanya menggunakan garis pada kaca belakang ke saluran panas.

Bagaimana sekarang, Anda tahu cara mengatasi kaca mobil yang berembun. Ingat ini terjadi karena perbedaan suhu udara di kabin dan di luar mobil. Jadi jika kacanya berembun, Anda dapat memainkan suhu AC.

Untuk mengakali, jangan mengendarai AC Grill langsung ke kaca. Jadi, angin dingin yang berasal dari AC tidak menyebabkan embun di permukaan kaca. Mudah kan? Anda juga dapat membuka kaca mobil kecil untuk menyeimbangkan suhu di luar dan di dalam kabin mobil.