Home SEO Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Pencari

Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Pencari

36
0
Cara Kerja Mesin Pencari

Ternyata Begini Cara Kerja Mesin Pencari, Kebanyakan dari kita sudah tidak asing lagi dengan nama GOOGLE. Salah satu nama mesin pencari online terbesar di seluruh dunia yang paling banyak digunakan.
Ketika kita butuh informasi online, maka kita buka browser kemudian mengetikkan kata kunci pencarian informasi Google yang kita butuhkan. Kemudian Google akan menampilkan informasi yang sesuai dengan kita butuhkan. Baik itu hasil pencarian dari Iklan yang berbayar (Google Adword), Google Bisnisku Ataupun hasil pencarian organik dari suatu website yang relevan. Kebanyakan website yang berada di Halaman 1 Google merupakan Website yang telah melakukan optmasi SEO dengan Baik. Makanya, kalau ingin website kita berada di halaman 1 pencarian, maka Optimasilah website kita dengan SEO Onpage dan SEO Offpage.
Namun sebelum itu, apakah kita sudah mengetahui apa itu mesin pencari? Bagaimana mesin pencari itu bekerja dan menampilkan hasil yang relevan? Berikut ini info mengenai cara kerja mesin pencari :

1. Pengertian Mesin Pencari
Mesin Pencari adalah website yang memiliki kemampuan mengindeks semua website kemudian memberikan hasil kepada pengguna mesin pencari dengan menampilkan data baik itu berupa tulisan, gambar, video, lokasi ataupun bisnis anda. Mesin pencari dapat kita akses dimanapun kita berada selama ada koneksi internet. Cara penggunaannya sangatlah mudah, kita tinggal memasukkan kata kunci di kolom pencarian. kemudian tinggal kita klik enter, lalu tunggu beberapa saat hingga mesin pencari menampilkan informasi yang kita butuhkan.
Apakah mesin pencari yang ada hanya Google? Tentunya tidak, banyak mesin pencari yang dapat kita gunakan, seperti Yandex, Yahoo, Bing dan lain-lain. Dan tentunya setiap mesin pencari akan memberikan hasil yang berbeda-beda meskipun kita telah memasukkan kata kunci yang sama.

2. Sejarah Perkembangan Mesin Pencari
Asal muasal mesin pencari adalah sebuah program yang dinamakan Archie (tunjuk gambar) yang ada mulai tahun 1990. Dimana program ini dapat digunakan untuk mengakses dan mencari nama sebuah file dari halaman website. Tetapi program ini tidak bisa membuka situs yang kita cari, tapi langsung download file dari website yang dicari. Seiring perkembangan teknologi, muncul beragam mesin pencari dengan fitur yang berbeda-beda hingga tahun 1998 Google muncul sebagai mesin pencari yang banyak digunakan dan aktif hingga saat ini. Mesin pencari yang lain yang juga banyak digunakan yaitu Bing (dulunya MSN), Search, Yahoo, dan Baidu.

3. cara kerja mesin pencari
Ada 3 tahapan yang digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan informasi terbaiknya, berikut penjelasannya :

A. Crawling
Crawling merupakan tahap dimana mesin pencari melakukan sortir dan pengumpulan setiap halaman website secara detail dan akurat , seperti judul, gambar, kata kunci, internal link, dan sebagainya. Setiap crawler dari mesin pencari akan mengumpulkan data yang berbeda.

Crawler secara berkala akan mengunjungi kembali halaman-halaman yang ada di website untuk melihat perubahan yang dilakukan sebuah website. Dan bagi halaman website yang ditandai dengan “no index”, artinya halaman tersebut memberi sinyal pada bot Google agar tidak mengindeks halaman tersebut.

B. Indexing

Indexing adalah tahap dimana data yang telah di crawl, selanjutnya akan diproses dan diletakkan di database. Mesin pencari menggunakan indeks ini sebagai sumber informasi yang ditampilkan pada halaman hasil pencarian.

C. Retrieval dan Ranking

Retrieval adalah tahapan dimana mesin pencari ketika memproses permintaan pengguna dan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan permintaan tersebut. Mesin pencari memiliki algoritma dan cara tersendiri dalam memilih halaman mana yang paling relevan dengan permintaan kamu.

Dan setiap mesin pencari, memberikan ranking pada masing-masing website yang ditampilkan. Ada yang ditampilkan pada halaman pertama pencarian Google, ada yang di halaman kedua. Tergantung kualitas SEO (Search Engine Optimization) setiap website.

Demikian penjelasan mengenai Cara Kerja Mesin Pencari, semoga penjelasan ini berguna bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here